Pendaftaran Cosplay Competition

0
808

Biaya Pendaftaran

IDR 100.000

Down payment (DP) IDR 50,000

AWSUBS kalsel bukanlah event veteran, kami pun baru mengadakan Cosplay Competition terhitung baru sekali tepatnya tahun lalu. Namun dengan pengalaman yang ada, dari kritik, masukan, dan bantuan pihak-pihak yang sangat mendukung kami bisa membuat kami selalu berani untuk berkembang dan berinovasi.

Dengan sudah mendapat pengalaman turun ikut mengadakan Indonesia Cosplay Grandprix Regional, maka untuk Cosplay Competition Banjarbaru DreamFest – Accelerated Journey 2019 akan mengadopsi sebagian sistem dan regulasi dari standar kompetitif ICGP dengan beberapa setting menyesuaikan kebutuhan dari event BJB DoriFest.

Informasi & Syarat

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2019 sampai 1 November 2019.
  2. Hanya yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran yang akan masuk kedalam daftar peserta.
  3. Pendaftaran Full Online.

Cara Mendaftar

  1. Isikan formulir pendaftaran dengan lengkap dan sebenar-benarnya.
  2. Calon peserta wajib melampirkan preview karakter yang akan dibawakan. Contoh :
  3. Setelah melakukan pendaftaran harap segera lakukan pembayaran biaya pendaftaran (Jika ada) selambat-lambatnya 15 November 2019, jika tidak maka tidak akan masuk sebagai peserta.
  4. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, harap lakukan konfirmasi pendaftaran kepada Crew AWSUBS kalsel / pihak yang bersangkutan sebagai pengurus konten atau isi formulirĀ Konfirmasi Pembayaran yang telah disediakan dibawah tombolĀ Pendaftaran.

Ketentuan

  1. Kompetisi berbentuk Solo Competition.
  2. Peserta merupakan warga negara Indonesia.
  3. Durasi cosplay performance maksimum 2 menit 30 detik.
  4. Durasi performance minimal 1 menit.
  5. Total maksimum durasi sudah termasuk naik/turun panggung peserta.
  6. Kostum yang dilombakan harus karakter yang berasal dari Jepang.
  7. Umur peserta tidak dibatasi.
  8. Peserta mendapatkan freepass tambahan jika membawa asisten maksimal satu orang.

KOSTUM & PERLENGKAPAN

Peraturan Karakter Yang Digunakan.

  1. Kostum yang dilombakan harus karakter yang berasal dari Anime, Manga, Tokusatsu, Video Games dan Vocaloid asli buatan Jepang.
  2. Karakter yang diambil dari manga dari penerbit di Jepang diperbolehkan, termasuk “Shueisha” (Shounen Jump).
  3. Karakter yang diambil dari Game, harus berasal dari developer asal Jepang, contoh: Game dari Capcom, Bushiroad, atau Konami.
  4. Karakter crossover game yang official harus karakter yang berasal dari developer asal Jepang. contoh:
    • Akuma dalam Tekken 7.
    • Karakter Vocaloid yang diambil harus official character yang berasal dari producer asal Jepang, contoh: Hatsune Miku dari Crypton Future Media, Inc.
  5. Yang tidak termasuk adalah : Karakter Doujinshi dan karakter-karakter Live Action/ Live
  6. Stage berdasarkan adaptasi dari anime atau manga, contoh : Dragon Ball Evolution;
  7. Karakter modifikasi seperti Gijinka atau Fan-art, contoh: Gijinka Pikachu
  8. Jika karakter yang dibawakan peserta dianggap meragukan dari ketentuan diatas, mohon diskusikan dengan panitia.

Peraturan Kostum & Properti

Sebuah kostum akan dikategorikan sebagai properti panggung jika:

  1. Tidak menjadi satu kesatuan dengan kostum utama.
  2. Terlalu berat atau lebar sehingga menempel pada permukaan panggung.
  3. Diperkirakan berat total kedua kostum tidak melebihi 40 kg, untuk menghindari cedera.

Properti Tangan

Definisi: Properti tangan adalah peralatan/ perlengkapan yang digunakan diatas panggung sebagai bagian dari performance, dipegang oleh tangan, dan merupakan bagian dari kostum.

  1. Properti tangan harus dipegang saat masuk panggung, atau di pasang pada stand/ properti panggung.
  2. Perlengkapan milik acara, tidak bisa digunakan untuk Properti Tangan Untuk properti tangan yang digunakan tidak boleh menggunakan material metal berat (seperti besi dan baja) dan material mudah pecah (seperti kaca) sebagai bahan dasar.
  3. Seluruh properti tangan akan melewati safety check terlebih dahulu.

PERTUNJUKAN PANGGUNG

Pertunjukkan Peserta

  1. Pertunjukan akan didukung dengan properti panggung, dan audio.
  2. Peserta hanya diperbolehkan untuk tampil di atas panggung yang telah disediakan, dilarang untuk tampil di daerah juri dan penonton (dilarang untuk melompat dari panggung dan berinteraksi di luar area panggung).
  3. Pemasangan properti panggung diberi waktu 20 detik dan pembongkaran properti panggung diberi waktu 20 detik.

Properti Panggung

Definisi: Properti Panggung adalah peralatan/ perlengkapan yang digunakan diatas panggung sebagai pelengkap performance, terletak diatas permukaan panggung, tidak dipegang tapi dapat dioperasikan pada saat tertentu.

  1. Jumlah maksimum properti panggung adalah 3 buah properti.
  2. Ukuran maksimum properti panggung adalah tinggi 210 cm, panjang 210 cm dan lebar 90 cm.
  3. Berat maksimum masing2 properti adalah 10 kg
  4. Properti Panggung tidak dinilai secara khusus, namun diharapkan dibuat dengan detail dan berkualitas baik untuk menambah nilai performance secara umum.

HAL YANG TIDAK DIPERBOLEHKAN

  1. Tidak boleh menggunakan benda cair, api dan kimia yang ditujukan untuk menimbulkan asap/ api sebagai effect visual pada kostum, properti tangan dan properti panggung.
  2. Tidak boleh menggunakan efek seperti rose petal, tepung, bedak bubuk dan confetti tabur.
  3. kecuali confetti jaring atau benda yang tidak berserakan banyak.

KETENTUAN LAINNYA

  1. Jika properti yang dibawa memerlukan biaya tambahan dalam transportasi, maka biaya tersebut menjadi tanggungjawab peserta.
  2. Peserta harus mengisi lembar kompetisi sebagai syarat keikutsertaan.
  3. Peserta diharapkan mengikuti arahan panitia, disiplin dan komunikatif dalam keikutasertaannya dalam kompetisi.
  4. Peserta boleh membawa asisten untuk membantu peserta sebelum perform dan setelah perform (Asisten mendapatkan freepass).
  5. Asisten diperbolehkan masuk backstage dan membantu peserta mempersiapkan seluruh penampilannya.
  6. Asisten membantu pemasangan properti panggung di panggung sesuai dengan lembar kompetisi.
  7. Jika peserta melanggar/ tidak mengikuti ketentuan yang tertulis maka akan di diskualifikasi langsung.

Kategori Penilaian

  • Kesesuaian karakter dengan performance panggung (penghayatan).
  • Penguasaan panggung.
  • Kostum termasuk keadalam penilaian namun bukan yang utama.

Winner Prizes

  1. Juara 1 : CSM Kamen Rider Ryuki V Buckle senilai 10.000.000 + Uang tunai IDR 1.000.000.
  2. Juara 2 : Power Rangers Legacy Dragonzord senilai 1.500.000 + Uang tunai IDR 500.000
  3. Jauara 3 : CSM Kamen Rider 555 Faiz Axel senilai 950.000 + Uang tunai IDR 250.000

Pembayaran biaya pendaftaran

Offline

  • Silahkan hubungi crew AWSUBS Kalsel ada di contact person

Online/Cashless

  • Gopay/OVO/Dana : 0812 5333 1009 (Rayhan Noer Abdillah)
  • Transfer Bank : BNI 0 5876 122 00 (Rayhan Noer Abdillah)

Contact Person

Pendaftaran Telah ditutup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here